RSUD Leuwiliang

Balita merupakan masa-masa penting di mana anak anda membutuhkan semua nutrisi penting bagi perkembangan dan pertumbuhannya. Walaupun anak anda tidak mengalami perkembangan dan pertumbuhan sepesat masa bayi, akan tetapi mereka tetap membutuhkan berbagai nutrisi untuk menyokong pertumbuhan dan perkembangannya.

Makronutrien
Protein, karbohidrat, dan lemak merupakan makronutrien yang dibutuhkan oleh setiap anak untuk mencapai pertumbuhan yang optimal. Protein berfungsi untuk membantu perkembangan otot, organ, dan sistem kekebalan tubuhnya.

Karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi bagi aktivitas dan pertumbuhan fisiknya. Sementara itu, lemak berfungsi sebagai sumber energi lain bagi aktivitas dan perkembangan sistem saraf serta otak anda.

Gangguan atau keterlambatan pertumbuhan dapat terjadi bila balita anda tidak memperoleh cukup banyak kalori dari lemak (kurang dari 20%).

Vitamin dan Mineral
Diet sehat dan seimbang bagi balita anda juga harus terdiri dari berbagai jenis makanan yang mengandung cukup banyak vitamin dan mineral untuk mendukung pertumbuhannya.
Kalsium dan vitamin D dibutuhkan oleh tubuh untuk mendukung perkembangan tulang dan giginya. Zat besi sangat penting bagi sistem sirkulasi tubuh (salah satu komponen pembentuk sel darah merah). Vitamin A penting untuk menjaga kesehatan mata dan kulit. Baik vitamin A maupun D merupakan vitamin larut lemak, yang membuat lemak menjadi salah satu komponen penting dalam menu makanan anak anda.

Jumlah Kalori
Memberikan kalori dari karbohidrat, lemak, dan protein dalam jumlah yang seimbang mungkin merupakan sesuatu hal yang agak sulit akan tetapi diperlukan untuk mendukung perkembangan dan pertumbuhan anak anda.

Akan tetapi, memberikan terlalu banyak kalori pada anak anda dapat menyebabkan terjadinya obesitas atau berat badan berlebih, terutama bila anak banyak mengkonsumsi makanan yang hanya mengandung banyak kalori tanpa nutrisi penting di dalamnya. Tergantung pada ukuran tubuh dan tingkat aktivitas fisiknya, secara umum setiap balita biasanya membutuhkan 1.000-1.400 kalori setiap harinya.

Sumber: healthyeating.sfgate



2017 © RSUD Leuwiliang