RSUD Leuwiliang

Nutrisi dapat mempengaruhi berbagai hal dalam kehidupan anda. Diet sehat dapat memberikan anda energi yang cukup untuk mendukung kehidupan anda yang aktif, melindungi anda dari berbagai infeksi, dan membuat anda tampak lebih cantik.

Selain itu, makanan sehat juga dapat memberikan dampak positif bagi pikiran anda dengan cara menutrisi sel-sel otak anda sehingga meningkatkan fungsi kognitif (daya ingat, kemampuan belajar, dan menganalisis) otak anda.

Mencukupi kebutuhan nutrisi melalui makanan anda dapat membantu fungsi kognitif anda, sedangkan kekurangan nutrisi akibat diet tidak sehat dapat menyebabkan penurunan fungsi kognitif otak anda.

Lemak dan Protein
Mengkonsumsi cukup lemak dan protein dapat membantu menjaga fungsi kognitif anda. Protein merupakan sumber asam amino, termasuk tirosin dan triptofan yang digunakan oleh tubuh untuk memproduksi neurotransmiter yang diperlukan oleh otak untuk menjalankan fungsi kognitifnya.
Lemak sehat seperti asam lemak omega 3 dan lemak tidak jenuh pada ikan dan kacang-kacangan juga dapat membantu fungsi kognitif anda. Rendahnya kadar lemak sehat di dalam tubuh anda dapat menyebabkan penurunan fungsi kognitif dan terjadinya berbagai gangguan saraf seperti depresi.

Vitamin
Berbagai jenis vitamin B seperti vitamin B3, B6, dan B12 diperlukan oleh tubuh anda untuk mengubah triptofan menjadi neurotransmiter. Vitamin B12 juga berguna agar sel-sel otak anda tetap terlindungi oleh mielin, suatu zat lemak yang membantu komunikasi antar sel-sel saraf.

Vitamin C dan E juga dapat membantu menjaga fungsi kognitif anda seiring dengan semakin bertambahnya usia anda. Kedua vitamin ini dapat membantu mencegah terjadinya demensia (pikun), yang menyebabkan penurunan daya ingat dan perubahan kepribadian.

Mineral
Natrium, kalium, dan kalsium merupakan berbagai jenis mineral yang diperlukan oleh sel-sel otak anda untuk memproduksi impuls saraf yang berfungsi untuk menghantarkan pesan di antara sel-sel saraf.
Magnesium juga berperan dalam menjaga fungsi kognitif anda seperti halnya vitamin B12. Magnesium berfungsi untuk membantu menjaga lapisan mielin sel-sel saraf dan mengaktivasi enzim-enzim yang diperlukan oleh otak anda untuk menghasilkan energi. Konsumsilah diet sehat dan seimbang untuk menjaga fungsi kognitif anda.

Sumber: healthyeating.sfgate



2017 © RSUD Leuwiliang