RSUD Leuwiliang

Pada Perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-72 tahun ini, kita masih bisa menemukan berbagai perlombaan khas Tujuhbelasan seperti balap karung, panjat pinang, makan kerupuk, dan lain sebagainya. Baik itu yang ikut berlomba ataupun yang hanya menonton, semua akan terlihat senang dan berbahagia melihat perayaan Hari Kemerdekaan ini. Hanya saja, jika anda ikut dalam perlombaan balap karung atau panjat pinang, anda tentu akan mudah mengalami masalah pegal-pegal setelah melakukan perlombaan tersebut. Apakah ada cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi pegal-pegal ini?

Minum jus ceri

Dalam sebuah penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal berjudul Scandinavian Journal of Medicine and Science in Sportsyang terbit pada tahun 2010 silam, disebutkan bahwa mengkonsumsi jus ceri bisa mengatasi pegal-pegal dan nyeri otot setelah melakukan aktifitas fisik. Kandungan di dalam jus ceri yang bernama anthocyanin yang merupakan senyawa antioksidan mampu menurunkan peradangan pada otot.

Kompres es batu

Jika bahu, kaki, atau lengan terasa sakit setelah melakukan perlombaan tujuhbelasan, cobalah untuk menempelkan es batu pada bagian tubuh yang sakit tersebut. Hanya saja, ada baiknya kita menempatkan es batuk di dalam handuk terlebih dahulu agar kita mengompres bagian tubuh yang pegal dalam waktu yang cukup lama.

Minum teh herbal

Teh herbal dan temulawak ternyata bisa menurunkan rasa pegal-pegal setelah melakukan aktifitas fisik. Kandungan minuman herbal ini bisa bertindak layaknya kandungan obat ibuprofen yang bisa menurunkan rasa nyeri pada tubuh.

Pijat Jika badan kita terasa pegal atau nyeri, ada baiknya kita melakukan pijat. Dengan dipijat, maka jaringan otot-otot yang sebelumnya kaku akan bisa mengendur sehingga rasa pegal pada tubuh pun bisa hilang.

Read more:http://doktersehat.com/mengatasi-badan-pegal-setelah-ikut-balap-karung-atau-panjat-pinang/#ixzz4q4uAfBgY



2017 © RSUD Leuwiliang